phutu phutu opan..

Senin, 09 Februari 2009

Akankah Nanti Mangrove Hanya Jadi Khayalan Anak dan Cucu Kita??

Hutan mangrove adalah sebutan untuk sekelompok tumbuhan yang hidup di daerah pasang surut pantai. Hutan mangrove dikenal juga dengan istilah tidal forest, coastal woodland, vloedbosschen, atau juga hutan payau. Kita sering menyebut hutan di pinggir pantai tersebut sebagai hutan bakau. Sebenarnya, hutan tersebut lebih tepat dinamakan hutan mangrove. Istilah 'mangrove' digunakan sebagai pengganti istilah bakau untuk menghindarkan kemungkinan salah pengertian dengan hutan yang terdiri atas pohon bakau Rhizophora spp. Karena bukan hanya pohon bakau yang tumbuh di sana. Selain bakau, terdapat banyak jenis tumbuhan lain yang hidup di dalamnya.


Mangrove merupakan cri khas hutan di muara muara sungai yang memiki lumpur dan di pengaruhi oleh pasang surut air. mangrove juga biasa juga disebut hutan bakau. ada banyak persepsi pada masyarakat dewasa ini..tentang hutan mangrove.
ada yang menolak keberadaan mangrove dengan berbagai alasan,contohnya...pantai harus bersih dari mangrove,ada bilang merupakan sarang buaya,ular,nyamuk, bla..bla. bla...deHHH..!!
bagaimana masyarakat yang yang menrima keberadaan mangrove...???wuahh...ini yang kita cariii..
menrut mereka mangrove merupkan tempat berkembang biaknya biota perairan, tempat hidupnya ikan, udang, kerang, maupun plankton dan bentos..!!!disinilah tempat rantai kehidupan biota perairan..!!!

PERSOLAANNYA..frienndsss...!!!!
di Indonesia khususnya Sumatera Selatan..mangrove ini terus menyusut..!!!
dari sekian ribu hektar sekarang tinggal beberpa ribu hektar saja..!!!
meskipun sekarang indonesia masih merupakan wilayah mangrove terluas di dunia, yahhh tapi ga tw ke depannya Masih ada apa atw enggakkkk????

kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya mangrove, keserakahan manusia yang meneyebabkan kerusakan ini..!!!
sebagai contoh... dikonversikannya mangrove menjadi perkebunan sawit, pertanian,dan lainnya...!!!sungguh kejam sekali apabila...tidak ada yang merestorasi mangrove saat ini...!!!
mungkinkah anak dan cucu kita bisa melihat mangrove di kemudian hari atau hanya tinggal cerita saja???

"Tanamlah pohon di tangan anda,walaupun esok kiamat..,maka
Allah SWT memberikan pahala Bagimu"


Sumber tulisan : LPP Mangrove
Global Warming

Posted By : novan.arfian@yahoo.co.id




1 komentar:

Anonim mengatakan...

siiiip..
keep our mangal guys...

do that

or not yet